Sedang Tren Jar Cake, Coba Sendiri Jajaran Resep Kue Tanpa Oven Anti G

28 Nov 2017

Bentuk jar cake sebenarnya tidak berbeda dengan cake lain pada umumnya. Namun memang penempatannya di dalam jar atau toples mini dengan lapisan-lapisan warna yang cerah membuat mata “lapar” dan ingin segera mencicipinya. Jar cake dijual tidak murah, karena proses pembuatannya yang sebenarnya tidak sulit namun membutuhkan ketelatenan. Jika anda kebetulan menyukai jar cake, tahukah anda bahwa resep jar cake masuk ke dalam jajaran resep kue tanpa oven yang sudah pernah dikreasikan oleh Blueband yang kali ini akan dibagikan pada anda.

Untuk membuat jar cake kali ini kita akan mencoba strawberry oreo cheese jar cake. Resep kue tanpa oven ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Susu UHT full cream rasa strawberry sebanyak 247 ml.
  • Susu UHT full cream rasa vanilla sebanyak 247 ml.
  • Susu bubuk full cream vanilla 2 sachet.
  • Ekstrak santan sebanyak 1 bungkus kecil.
  • Keju cheddar sebanyak 1 block/1 bungkus, jika anda suka yang berasa keju sekali maka bisa ditambahkan sebanyak mungkin.
  • Tepung maizena sebanyak 2 sendok makan.
  • Oreo strawberry sebanyak sesuai selera.
  • Selai strawberry sebanyak sesuai selera.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan susu cair strawberry tadi ke dalam panci. Satu bungkus besar susu UHT biasanya berisi 247 ml. Anda juga bisa menggantinya dengan susu bubuk yang sudah diseduh namun mungkin akan menghasilkan rasa yang berbeda.
  2. Hidupkan api kecil, jangan sampai mendidih. Segera tambahkan susu bubuk full cream ke dalam susu cair di dalam panci dan aduk hingga tercampur.
  3. Masukkan keju parut, ekstrak santan ½ bungkus saja, dan aduk kembali.
  4. Setelah susu akan mendidih, masukkan tepung maizena 2 sendok makan ke dalam panci sambil diaduk secara perlahan.
  5. Setelah mendidih, tuangkan adonan susu sedikit saja tadi ke dalam wadah-wadah. Karena ini jar cake jadi boleh menggunakan cup atau toples kaca maupun plastik, namun tetap bisa berhasil dicoba di cetakan berbentuk lain.
  6. Tunggu hingga tidak panas lagi. Apabila permukaan susu dalam jar sudah mulai mengeras, tambahkan selai strawberry di atasnya hingga rata.
  7. Hancurkan oreo hingga menjadi remahan, kemudian tambahkan di atasnya dan beri parutan keju di atas oreo. Anda dapat mengganti susunannya sesuai selera masing-masing.

Berikutnya, anda dapat mengulangi step by step di atas untuk membuat adonan susu vanilla, dan menambahkannya di atas selai strawberry dalam wadah yang sama. Tambahkan lagi selai, oreo, dan keju hingga cup tidak bisa diisi lagi alias sudah penuh tergantung panjang dan besarnya wadah anda. Di lapisan paling atas, pastikan anda meletakkan keju parut dan tancapkan sebuah oreo untuk mempercantik penampilannya. Resep kue tanpa oven anda pun sudah jadi menghasilkan dessert yang enak.

Resep kue tanpa oven ini dijamin anti gagal meskipun anda belum pernah membuat kue atau masak memasak sebelumnya, asalkan anda telaten dalam mengerjakannya. Simpan dalam kulkas bagian bawah jika anda menginginkan tekstur lumer, atau simpan di freezer untuk mendapatkan tekstur seperti es krim. Jika anda menyukai rasa yang sedikit gurih, anda bisa menambahkan sejumput garam pada adonan susu tadi agar rasanya lebih “es krim”. 


TAGS resep kue tanpa oven jajaran resep kue tanpa oven


-

Author

Follow Me